Laman

Rabu, 03 April 2013

METODE WAWANCARA


·         Metode wawancara atau metode interview ialah metode yang bertujuan untuk mendapatkan keterangan atau pendirian secara lisan dari responden dengan mewawancarai orang itu.
·         Metode wawancara ini mempunyai dua macam wawancara yang pada dasarnya berbeda sifatnya. Yakni wawancara untuk mendapatkan keterangan data dari individu-individu tertentu untuk keperluan informasi dan wawancara untuk mendapatkan keterangan tentang diri pribadi, pendirian atau pandangan dari individu yang diwawancara untuk keperluan komparatif.
·         Persiapan wawancara dan sikap dalam wawancara yakni pertama, memperhatikan lapisan individu. kedua, memperhatikan metode sampling dalam hubungan yang erat dengan tujuan dari penelitian. Ketiga, memperhatikan masa senggang dari subyek wawancara, dan berusaha supaya jangan mengganggunya dalam kesibukan sehari-hari. Keempat, memperkenalkan diri kemudian menguraikan maksudnya dari wawancara sederhana tapi terang.
·         Pada umumnya, ada dua macam wawancara yang dikenal oleh para peneliti, yakni wawancara berencana atau standart dizert interview dan wawancara tak berencana atau unstandart dizert interview.
·         Wawancara berencana ialah suatu daftar pertanyaan yang telah direncanakan dan disusun sebelumnya. Sedangkan wawancara tak berencana ialah metode yang tidak mempunyai persiapan sebelumnya dari suatu daftar pertanyaan dengan susunan kata dan dengan tata urut tetap yang harus dipatuhi oleh para peneliti secara ketat.
·         Metode wawancara tak berencana secara khusus terbagi menjadi dua golongan, yakni metode wawancara berstruktur dan metode wawancara tak berstruktur.
·         Wawancara tak berstruktur ini juga dapat dibedakan menjadi dua golongan, yakni wawancara yang berfokus dan wawancara bebas.
·         Dalam melakukan wawancara, peneliti sebaiknya menghindari kata-kata yang mempunyai dua arti atau banyak arti, dan menghindari pertanyaan-pertanyaan yang panjang. Peneliti juga menyesuaikan bahasa subyek individu yang akan diwawancarai.
·         Wawancara berstruktur ialah wawancara untuk pengumpulan data individu dengan metode genealogis yang akan dibicarakan dalam seksi dan bab lain. Sedangkan wawancara berfokus biasanya terkendali oleh batas waktu akibat lelah karena jemu.
·         Untuk menghindari gejala kehabisan bahan pertanyaan, peneliti sebaiknya mempersiapkan diri dengan suatu daftar dari pokok-pokok yang ditanyakan hubungannya dengan materi yang akan diteliti.
·         Metode genealogis adalah suatu metode wawancara yang mulanya dikembangkan oleh para ahli antropologi untuk mengumpulkan data tentang latar belakangkehidupan masyarakat pedesaan, dan metode ini dipakai oleh para sejarawan.
·         Wawancara dengan panel ialah pengumpulan sejumlah responden yang telah diseleksi guna untuk penelitian tambahan yang bermaksud mengumpulkan “pendapat umum” mengenai suatu masalah atau suatu peristiwa.
·         Adapun pencatatan data wawancara ialahpen catatan langsung, pencatatan dari ingatan, pencatatan dengan alat recording, pencatatan dengan field rating, dan pencatatan dengan field coding.
Poskan Komentar